Kamis, 25 September 2014

Pengertian Website Maintenance

Pengertian Website Maintenance

Pengertian Website Maintenance - Di dalam tahap pembuatan website dari awal sampai akhir dan sampai selesai, selanjutnya akan ada yang namanya tahap website maintenance. Dan apakah itu website maintenance? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang Website Maintenance.


Apa Itu Website Maintenance ?

Website Maintenance atau Pemeliharaan Website adalah kegiatan yang dirancang untuk menjaga website berjalan lancar. Ini dapat dilakukan secara teratur, atau dijadwalkan sesuai kebutuhan. Dalam beberapa kasus, akses ke situs web mungkin untuk sementara dibatasi sementara pemeliharaan dilakukan, dalam hal pemberitahuan dapat dikirim ke pengguna di depan waktu untuk membuat mereka menyadari fakta bahwa situs tidak akan tersedia selama periode waktu tertentu pada hari tertentu.

Salah satu alasan untuk melakukan pemeliharaan untuk memperbarui situs web. Hal ini penting untuk menjaga informasi up to date dan untuk memastikan bahwa sistem yang digunakan untuk menjalankan situs juga saat ini. Memiliki program terbaru pada backend akan menjaga website lebih aman, selain memungkinkan orang untuk mengikuti perubahan. Hal ini juga akan meningkatkan pengalaman pengguna di situs, yang bisa sangat berharga bagi mereka yang ingin membangun dan mempertahankan basis pengguna yang besar.

Pemeliharaan juga dilakukan ketika ada ancaman keamanan. Ini mungkin dilakukan untuk menutup lubang keamanan, untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh hacker, atau untuk berbagai alasan lain yang berkaitan dengan keamanan. Dalam hal ini, penting untuk mengambil situs offline agar masalah dapat sepenuhnya dieksplorasi tanpa kekhawatiran tentang gangguan. Program keamanan tertentu dapat secara otomatis meluncurkan modus pemeliharaan jika mereka menduga bahwa situs tersebut telah dikompromikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan untuk melindungi pengguna dari peristiwa berbahaya. 

Pemeliharaan website rutin sangat penting untuk fungsi situs.Banyak sistem manajemen konten termasuk dibangun pada fungsi pemeliharaan yang membuatnya mudah, seperti updaters otomatis yang akan mendownload dan menginstal upgrade saat diklik.


Alasan Utama Melakukan Website Maintenance

Apakah anda pernah melakukan website maintenance? Ada banyak faktor mengapa kita harus melakukan website maintenance. Berikut alasan utama melakukan website maintenance :

  • Hosting Membutuhkan Perawatan

Karena aktivitas pengunjung di web Anda, dapat menyebabkan hosting memiliki CPU usage yang tinggi, sehingga secara tidak disadari halaman website sangat lambat jika dibuka, atau yang lebih parah hosting Anda terkena suspend sepihak oleh penyedia hosting karena melanggar TOS. Lakukan pengecekan kondisi hosting paling lama 3 hari sekali, untuk memastikan CPU usage berada dalam keadaan aman.

  • Backup Berkala Data Website

File sistem atau data dalam hosting perlu dibackup secara berkala untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi keadaan force major. Misalnya serangan virus atau hacker menembus sistem keamanan sistem web kemudian menyebabkan semua data hilang.

  • Serangan Virus dan Hacker Terhadap Website

Pemilik website perlu mengontrol keberadaan penyusupan virus dan ancaman dari hacker dalam sistem servernya dan sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan. Jangan sampai keberadaan virus atau penyusup tersebut lama kelamaan akan membuat sistem website Anda lumpuh atau bahkan secara tidak sadar mencuri data perusahaan Anda.

  • Pengunjung Web Ingin Informasi Yang Selalu Up To Date

Informasi yang up to date menjadi hal yang sangat penting, karena traffic akan meningkat jika konten website kita selalu up to date. Jika anda memiliki website untuk toko online, tidak menutup kemungkinan jika konten-konten web anda selalu up to date akan membuat pengunjung atau calon pembeli menjadi tertarik dan membeli produk yang anda tawarkan.

  • Persaingan Ketat di Search Engine

Karena sekarang semakin banyaknya lahir website-website baru di Internet, sehingga search engine seperti Google yang paling populer harus memperketat hasil pencariannya sehingga website-website yang berkualitas yang akan muncul di halaman pertama google. Maka dari itu, anda sebagai pemilik website harus selalu melakukan Search Engine Optimization. Karena trafick anda naik atau turun tergantung dari SEO web anda. Ada banyak teknik SEO yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan traffic website anda, salah satu yang paling sederhana adalah memanfaatkan social media untuk promosi website anda.


Itulah Pengertian Website Maintenance dan beberapa alasan mengapa kita harus melakukan maintenance website. Sekarang seharusnya anda sudah paham mengapa Website maintenance itu perlu dilakukan jika anda ingin traffic website anda meningkat dan website anda terhindar dari serangan virus, hacker dan sejenisnya.. Terima Kasih ^_^

11 komentar:

Mas Marnes mengatakan...

Penjelasannya lengkap banget mas, jadi nambah pengetahuan saya nie setelah baca artikel ini, terimakasih atas sharingnya :)

Dika mengatakan...

Iya sama-sama mas :) Thanks udah berkunjung ke blog saya mas :)

Kang Ucup mengatakan...

jadi makin tau tentang arti dan pentingnya pemeliharaan pada website :)

kunjungan malam, btw...kk gak ada widget followernya mas?

Dika mengatakan...

iya Kang :) terutama SEO harus selalu di maintenance juga ya kang :D
oh iya lupa ngisiinnya kang :D ni udah tak isiin skrg :D hehhe.. makasi ya masukannya :)

Kang Sun mengatakan...

Maintenance memang penting ya, Sob untuk kelangsungan suatu website....suatu hal yang tidak boleh kita anggap sepele, thanks telah berbagi ilmunya...salam blogger!

Sang mengatakan...

keren sob.. thanks sharingnya :)

eka center atau venuz shop mengatakan...

PEMBESAR PENIS TERBAIK NO.1 DI DUNIA "VIMAX U.S.A"

www.goodmanherbal.com/new-vimax-u-s-a-pembesar-mr-p-herbal

>> klik www.goodmanherbal.com
>> call center Hp.081399948540 / BB.297340EC

SEDIA: OBAT KUAT, OBAT PEMBESAR PENIS, COSMETIK, OBAT PERANGSANG, ALAT BANTU SEX, DAN OBAT HERBAL LAINNYA

NB: PROMO, UNTUK SETIAP PEMBELIAN 2 PRODUK BONUS 1 PRODUK (syarat dan ketentuan berlaku)

Herdan Perdana Putra mengatakan...

terimakasih mas, saya jadi lebih ingin tau untuk jadi seorang maintenance web

theachmads mengatakan...

Kami menyediakan paket toko online, company profile, ukm, sekolah.

https://16pixel.id
Jasa Website Profesional

rianadseo mengatakan...

artikel nya mantap gan... kebetulan saya memiliki usaha jasa pembuatan website tangerang selatan lanjutkan gan saya tunggu artikel berikut nya

Web Design mengatakan...

This is awesome information, Thank you for this!
Web Design Coimbatore

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Saya
Setelah Anda Baca Artikel nya Yang di Atas
Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Komentar nya
Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan..
Terima Kasih^_^ Salam Blogger!